Bagaimana penghalang suara mencapai efek pengurangan kebisingan?

- Feb 28, 2020-

Di mana ada penghalang akustik, kebisingan akan berkurang secara signifikan. Alasan untuk itu adalah karena ketika gelombang suara bergerak melalui penghalang, mereka merefleksikan, mereka mengirimkan, mereka difraksi, biasanya kita menganggap hambatan suara sebagai mencegah transmisi suara langsung dan membuat suara suara dilemahkan cukup untuk memiliki dampak yang dapat diabaikan pada transmisi ini. Oleh karena itu, efek isolasi suara dari penghalang suara biasanya dapat dinyatakan dengan pengurangan kebisingan, yang mencerminkan kapasitas transmisi dari dua penghalang kebisingan pelindung di atas.


Prinsip pengurangan kebisingan dari penghalang suara

Ketika ada objek antara sumber kebisingan dan titik penerimaan kebisingan, suara yang dihasilkan oleh sumber suara akan terhambat dalam proses transmisi ke titik penerima suara. Dibandingkan dengan case tanpa objek, lebih banyak pelemahan akan dihasilkan dan noise pada titik penerima noise akan berkurang. Penghalang suara adalah perangkat pengurang kebisingan yang dirancang sesuai dengan prinsip akustik ini. Ketika sumber suara terhalang oleh hambatan, daerah bayangan suara terbentuk di belakangnya, suara dapat dikurangi secara signifikan di daerah ini, ini adalah efek pengurangan kebisingan dari penghalang suara. Secara teoritis, penghalang akustik dapat mengurangi kebisingan hingga 24db, tetapi dalam praktiknya, "wilayah bayangan suara" dari penghalang akustik dapat mengurangi kebisingan hingga 5-10db dari situasi umum.


Faktor-faktor yang mempengaruhi pengurangan kebisingan dari penghalang suara

1. Frekuensi kebisingan, ketinggian penghalang, jarak antara sumber suara dan titik penerima.

Secara umum, ketika sumber suara berada pada posisi yang lebih tinggi dan area penerima berada pada tingkat yang lebih rendah, penghalang suara memiliki efek yang lebih baik pada pelemahan suara. Misalnya, ketika penghalang suara dipasang di skyway atau jembatan layang, dalam hal ini, area bayangan penghalang suara dapat ditingkatkan karena ketinggian efektif penghalang ditingkatkan dengan menggunakan ketinggian jalan bebas hambatan dan jembatan layang.

2. Bentuk penghalang suara juga memiliki pengaruh besar pada efek pelemahan akustik. Jika atap overhang diperluas ke arah sumber suara, itu setara dengan memindahkan seluruh penghalang suara ke arah sumber akustik, yang dapat secara efektif meningkatkan kedalaman dan luas area bayangan. Ini adalah metode yang sangat efektif, dan juga metode yang sangat umum, dalam kasus di mana penghalang suara tidak terlalu dekat dengan sumber suara, seperti di kedua sisi jalan.