Cara kedap suara: empat prinsip utama

- Mar 24, 2020-

Kedap suara bukanlah topik sederhana seperti proyek kedap suara DIY (do-it-yourself) - memasang bahan kedap suara terbaik antara Anda dan sumber kebisingan. Ada banyak informasi yang salah yang membingungkan kita.


Bahkan, ada empat prinsip kedap suara utama berdasarkan fisika transmisi akustik.


1. Misa

Semua benda padat tebal dan berat akan menghalangi suara. Dengan menggunakan properti ini, kami dapat secara efektif melawan suara di udara (seperti suara) dengan bantuan drywall dan vinil yang dimuat secara massal.


2. Redaman

Redaman adalah elemen paling efektif terhadap kebisingan dengan frekuensi rendah.

Dalam kedap suara, redaman dicapai dengan menggunakan senyawa redaman seperti Green Glue Noiseproofing Compound, perekat viskoelastik, karena senyawa ini memiliki sifat khusus yang mampu mengubah energi suara menjadi panas, membuat suara tiba-tiba berhenti.

Untuk membuatnya bekerja, senyawa peredam harus diterapkan antara dua panel kaku (seperti drywall, kayu lapis, atau subfloor, misalnya), yang kemudian disekrup bersama-sama, membentuk sistem Redaman Lapisan Terkendali.


3. Decoupling

Beberapa suara dapat mentransmisikan melalui struktur bangunan, membuat getaran suara. Dengan bantuan decoupling, celah diperkenalkan di bagian-bagian tertentu dari struktur, getaran suara lebih mudah terganggu dengan cara ini.

Saluran tangguh dapat menjadi bahan kedap suara yang baik yang akan cocok untuk memisahkan dinding kering dari struktur bangunan, secara efektif dapat mencegah suara melewati dinding.

Meskipun decoupling kedap suara sangat efektif, lebih baik untuk merencanakan dengan hati-hati dan menginstal secara profesional. Decoupling yang buruk akan membuat nosie frekuensi rendah semakin buruk.


4. Penyerapan

Meskipun efek penyerapan kedap suara tidak berbeda dari tiga elemen sebelumnya, ia memainkan peran dalam kedap suara. Untuk hasil kedap suara terbaik, bahan penyerapan harus dipertimbangkan.

Ubin langit-langit akustik dan isolasi fiberglass yang longgar adalah contoh dari peredam suara yang baik, dan mereka memberikan ukuran kecil tambahan peredam suara.


Keempat prinsip ini bekerja secara independen tetapi juga saling melengkapi. Dengan kombinasi dari empat elemen Anda bisa mendapatkan hasil terbaik dari pengurangan kebisingan.

1582943652(1)